Kasus Video Tari Bumbung Buleleng Bali

Kasus Video Tari Bumbung Buleleng Bali sudah seharusnya benar-benar ditelusuri karena memang mencemarkan kebudayaan khas Bali dengan tarian tidak sopan aka anonoh. Terkait video joged bumbung disbudpar Bali merasa kecolongan, ya setidaknya itulah yang diinformasikan oleh sebuah portal yaitu jpnn.com dalam isi postingannya menjelaskan sekelumit tentang kasus yang sedang beredar hangat di jagat maya ini.

Rekaman joged bumbung seakan berlomba ingin "tenar" dengan VCD tak senonohnya. Seni pertunjukan joged tak senonoh itu telah beredar beredar (mebrarakan) di situs You Tube. Bahkan, sejumlah rekaman dalam bentuk VCD juga telah kembali marak beredar di pasaran para pedagang kaki lima (K5). Rekaman itu secara vulgar menggambarkan pementasan seni pertunjukan joged asoooyyy di sebuah desa di Buleleng. Baik indoor maupun outdoor.

Bahkan, penonton mulai dari kalangan laki-laki, perempuan, anak-anak, remaja, termasuk orang dewasa begitu antusias menyaksikan pementasan joged asoy itu. Sungguh ironis, memang. Sebuah suguhan seni pertunjukan yang dengan sengaja telah melecehkan nilai-nilai etika, estetika, dan moralitas seni budaya Bali. Atas fenomena itu, Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Bali IB Sedhawa mengaku kaget sekaligus prihatin dengan kejadian itu. Tidak ingin kasusnya meluas, pihaknya langsung mengambil langkah cepat. Surat pun dibuat dan dilayangkan ke Polda Bali tertanggal 13 September lalu.

"Ini sudah sangat keterlaluan dan melewati batas. Padahal pembinaan sanggar joged sudah cukup sering dilakukan," kata Sedhawa dengan dana sedikit kecewa. Sedhawa tidak malu mengaku instansinya kecolongan atas kasus ini. Di sisi lain juga membuktikan bahwa program pemberdayaan lembaga Listibya di setiap daerah belum maksimal. Selain itu, pengawasan dari lembaga pemerintahan terkait termasuk desa adat juga masih kurang.

Nah bagaimana menurut sahabat sendiri terkait kasus video joged bumbung yang beredar di youtube ini? bagaimana seharusnya kita mengambil sikap? :lol:

0 comments:

Post a Comment

Statistik Bego

Powered by  MyPagerank.Net
TopOfBlogs